www.AlvinAdam.com

WARTA 24 JAWA BARAT

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Tour de Linggarjati dan Pesona Air Terjun Palutungan

Posted by On 10.40

Tour de Linggarjati dan Pesona Air Terjun Palutungan

SPORTOURISM - Dalam acara konfrensi pers Tour de Linggarjati (TdL) 2017, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, menjabarkan penyelenggaraan event wisata olahraga TdL 2017 merupakan salah satu upaya yang efektif untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan.

Salah satu objek wisata kebanggan Kabupaten Kuningan ialah Air Terjun Palutungan yang terletak di Desa Adat Cigugur. Air terjun ini jadi salah satu tempat wisata kuningan yang sangat favorit dikunjungi para wisatawan. Di tempat ini, juga terdapat tempat basecamp para pendakian Gunung Ciremai dan bentangan luas perkebunan.

Nama Palutungan ini diambil dari lutung, sejenis kera yang dahulu banyak ditemukan di sekitar Gunung Ciremai. Luas lahan ini sekitar 50 hektare dengan dilengkapi sebuah air terjun bernama Ciputri. Dari Palutu ngan melewati jalan setapak sekitar 300 itulah letak Curug Ciputri. Air terjun beserta bumi perkemahan ini sangat populer di kalangan pendaki sehingga banyak juga pengunjung yang betah berlama-lama di kawasan wisata ini.

Melansir tempat.co.id, konon ketika zaman kolonial, para tuan-tuan Belanda dalam usahanya untuk mendapatkan putri yang cantik maka putrinya harus dimandikan di air terjun atau curug. Air terjun inilah yang sering dipakai mandi putri-putri Belanda sehingga namanya menjadi Curug Putri.

Ketinggian Curug Putri mencapai sekitar 20 meter. Sumber airnya berasal dari mata air Gunung Ciremai. Selain mengunjungi Curug Putri untuk berekreasi, banyak pengunjung yang datang mencari keberkahan, mendapatkan jodoh, pekerjaan dan lain sebagainya. Biasanya Curug Putri ini ramai saat bulan suci Ramadhan akan tiba karena banyak pengunjung yang mensucikan diri.

Untuk sampai ke lokasi kita harus melewati jalan yang berkelok dan menanjak seperti sedang menaiki gunung, karena memang lokasinya tepat berada di kaki gunung Ciremai. Air terjun di Curug Putri ini benar-benar sangat jernih, dan konon katanya juga memiliki beberapa khasiat mistis, seperti mempermudah jodoh. Namanya juga Ć¢€œkatanyaĆ¢€. [AR]

Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Kuningan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »