www.AlvinAdam.com

WARTA 24 JAWA BARAT

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Anggota Polres Bandung Tanami 425 Hektare Lahan Perhutani ...

Posted by On 04.03

Anggota Polres Bandung Tanami 425 Hektare Lahan Perhutani ...

Sabtu 02 Desember 2017, 18:28 WIB Anggota Polres Bandung Tanami 425 Hektare Lahan Perhutani yang Rusak Wisma Putra - detikNews Anggota Polres Bandung Tanami 425 Hektare Lahan Perhutani yang RusakFoto: Wisma Putra Kabupaten Bandung - Polres Bandung menanam 3 juta pohon di 425 hektare hutan milik Perhutani yang telah beralihfungsi menjadi lahan perkebunan. Satu hektare lahan digarap satu anggota polisi.
"Satu hektare lahan akan digarap oleh satu anggota polisi Polres Bandung dan nanti hasilnya dibagi dengan Perhutani," kata Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto saat melakukan penanaman pohon di Blok Waas, Kecamatan Pasirjambu, Kabu paten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/12/2017).
Dari informasi yang dihimpun detikcom, lahan tersebut digarap oleh anggota Polres Bandung yang akan menjelang pensiun dan berdomisili di Kabupaten Bandung. Keuntungan dari pengelolaan lahan tersebut akan dibagi dua dengan Perhutani melalui Koperasi Polres Bandung.
425 hektare lahan itu tersebar di enam kecamatan, terdiri Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali, Ibun, Pangalengan dan Kertasari. "Mereka (anggota) punya tugas baru, biar anggota (merawat) pagi-pagi atau pulang kantor nengok lahannya, olahraga itu," ujar Agung.

Anggota Polres Bandung Tanami 425 Hektare Lahan Perhutani yang RusakFoto: Wisma Putra

Pantauan detikcom, setiap satu hektare lahan yang digarap anggota Polres Bandung diberi tanda patok papan berwarna putih deng an nama dan jabatannya.
Dari luas lahan Blok Waas di Petak IX, RPH Perhutani Bandung Selatan seluas 350 hektare, sekitar 60 hektare lahan di lokasi itu dalam kondisi kritis karena sebelumnya ditanami beragam jenis sayur.
Setiap satu hektare lahan yang digarap, ditanami dengan komposisi 80 persen tanaman keras dan 20 persen tanaman buah-buahan. "(pohon) yang ditanam kopi, alpukat, nangka, picung, pohon yang dapat menyerap air banyak," tuturnya.
Tiga juta bibit pohon yang ditanam di lahan 425 hektar itu, berasal dari bantuan Pemerintah Kabupaten Bandung dan Perhutani. "(wilayah hulu) di sini harus kita selamatkan dulu dari bahaya longsor karena ditanami tanaman (sayur) yang tidak sesuai fungsinya," tambah Kapolda.
Dengan digarapnya per satu hektare lahan oleh anggota Polri, Agung berharap tidak terjadi pengrusakan hutan kembali yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab. "Kami akan kawal. Kami juga akan ubah mindset masyarakat supaya tida k tebang-tebang lagi (pohon)," ujarnya.
Saat disinggung apakah dengan pengelolaan hutan seperti itu akan mengembalikan alam Kabupaten Bandung, dia mengklaim penanaman yang dilakukan hari ini akan dirasakan lima sampai 10 tahun ke depan "Kalau sudah nawaitu dan niatnya beribadah insaaloh (alam kembali hijau)," tutur Agung.
Polda Jabar bersama Kodam III Siliwangi, Pemprov Jabar dan pemerintah kabupaten kota di Jawa Barat berkomitmen melestarikan lingkungan di Jabar.
Anggota Polres Bandung Tanami 425 Hektare Lahan Perhutani yang RusakFoto: Wisma Putra

Agung menambahkan tidak hanya Citarum, bersama Kodam III Siliwangi pihaknya juga akan melakukan revitalisasi sungai lainnya, salah satunya Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut. "Indramayu sudah melakukan gerakan seperti ini (pe nanaman pohon), kami juga pertengahan Desember akan ke Garut. Garut potensi (bencana alam) rawan dan yang rawan akan kita dahulukan," tambah Agung.
Bupati Kabupaten Bandung, Dadang M Naser mengaspresiasi langkah Polri dalam melakukan revitalisasi hulu Citarum dengan melakukan penanaman pohon. "Kami ucapkan terimakasih dan kami berbahagia, seluruh stakeholder dari jajaran Polri dan TNI sekarang sudah memberikan perhatian secara lebih terhadap Citarum dan memberikan pembinaan masyarakat dalam menjaga lingkungan," pungkasnya.
(ern/ern)Sumber: Google News | Warta 24 Bandung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »