www.AlvinAdam.com

WARTA 24 JAWA BARAT

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Hari AIDS Sedunia, KPA dan Dinkes Sukabumi Sebar Pita Merah

Posted by On 00.08

Hari AIDS Sedunia, KPA dan Dinkes Sukabumi Sebar Pita Merah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Momen peringatan hari AIDS sedunia yang jatuh 1 Desember disambut dengan menyebar dan memasang pita merah di jalanan Kota Sukabumi, Jumat (1/12). Aksi simpatik ini dilakukan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi.
Penyebaran pita merah sebagai simbol kepedulian dan solidaritas kepada masalah HIV-AIDS ini dilaksanakan di bundaran Kimia Farma dan sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Sukabumi. Peserta aksi juga menyebarkan pamflet berisi informasi mengenai pencegahan penyebaran HIV-AIDS.
"Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa hari ini (1 Desember-red) setiap tahunnya diperingati sebagai hari AIDS sedunia," ujar Ketua KPA Kota Sukabumi sekaligus Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang memimpin jalannya aksi simpatik tersebut. Momen ini, terang dia, dimanfaatkan KPA dan Pemkot Sukabumi untuk m elakukan sosialisasi kepada masyarakat.
Khususnya, terang Fahmi, mengenai hal-hal apa saja yang perlu dilakukan terkait bagaimana menanggulangi HIV-AIDS. Selain itu lanjut dia disampaikan pula tidak boleh ada diskriminasi terhadap para orang dengan HIV/AIDS (ODHA).
Fahmi mengungkapkan, aksi ini dilakukan sebagai bagian dari memutus mata rantai penyebaran HIV-AIDS di semua kalangan. Saat ini, kata dia, rentang usia penderita HIV-AIDS kebanyakan merupakan usia produktif termasuk pelajar. Faktor penyebabnya bisa diakibatkan hubungan seksual dan penggunan narkoba jarum suntik.
Menurut Fahmi, kegiatan penyebaran dan pemasangan pita merah ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas dan kepedulia pada HIV-AIDS. Targetnya kata dia masyarakat bisa lebih memahami bagaimana cara mencegah diri dari perilaku yang berpotensi dapat menyebarkan HIV-AIDS.
Ke depan ujar Fahmi, KPA bersama instansi terkait lainnya akan terus menggiatkan upaya pencegahan penyebaran bahaya HIV-AIDS ke semua elemen masyarakat. Targetnya lanjut dia kasus baru HIV bisa ditekan atau tidak ada sama sekali. Upaya ini ungkap dia memerlukan keterlibatan semua pihak.
Ketua Panitia Hari AIDS sedunia tingkat Kota Sukabumi, Lulis Delawati mengatakan, pada momen hari AIDS ini dilakukan sejumlah rangkaian kegiatan yang dimulai pada Jumat pagi. Sebelumnya pemasangan pita merah dilakukan di sekitar Gedung Juang 45 berlanjut ke Toserba Yogya dan berakhir di bundaran Kimia Farma, terang dia, yang juga sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Sukabumi.
Selain menyebar dan memasang pita merah pada warga yang melintas ungkap Lulis, peserta aksi juga memberikan edukasi mengenai bahaya HIV-AIDS dan bagaimana pencegahannya. Upaya ini kata dia dilakukan untuk mencegah penyebaran HIV-AIDS di tengah masyarakat.

Sumber: Google News | Warta 24 Sukabumi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »