Brrr! Dinginnya Kutub Selatan di Puser Elmu Bandung - Warta 24 Jawa Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Brrr! Dinginnya Kutub Selatan di Puser Elmu Bandung

Brrr! Dinginnya Kutub Selatan di Puser Elmu Bandung

detikTravel Domestic Destinations Detail Artikel Selasa, 28 Nov 2017 17:50 WIB DOMESTIC DESTINAT…

Brrr! Dinginnya Kutub Selatan di Puser Elmu Bandung

detikTravel Domestic Destinations Detail Artikel Selasa, 28 Nov 2017 17:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Brrr! Dinginnya Kutub Selatan di Puser Elmu Bandung

Wisma Putra Redaksi Travel
Foto: Wisma Putra/detikTravel
Foto: Wisma Putra/detikTravel
Bandung - Tidak perlu jauh-jauh ke Kutub Selatan untuk merasakan dinginnya es. Datang saja ke Bandung, ada wahana yang bisa membuat suasana Kutub Selatan. Brrr!
Puser Elmu atau Gedung Science Center dimiliki Pemkab Bandung. Di gedung ini terdapat ruangan Augmented Reality (AR) Sabilulungan. Letaknya berada di pojok kanan lantai 1. Ukuran ruangannya sekitar 10x6 meter dengan kapasitas sekitar 25 meter.
detikTravel berkesempatan masuk dan merasakan sendiri sensasi dingin Kutub Selatan di sini. Di ruangan tersebut terdapat layar besar yang memperlihatkan gambar para pengunjung yang masuk ke ruangan tersebut. Sebenarnya ruangan ini hanya ruangan kosong. Namun dengan teknologi 3D, para pengunjung seakan-akan berada di Kutub Selatan.
Efek 3D membuat pengunjung bisa merasakan Kutub SelatanEfek 3D membuat pengunjung bisa merasakan Kutub Selatan (Wisma Putra/detikTravel)

Suasana dingin berasal dari sejumlah ala t pendingin, sedangkan suara badai berasal dari sound system yang ada di ruangan tersebut.
"AR Sabilulungan untuk menarik perhatian pengunjung terutama anak-anak," kata Bupati Badung Dadang M Naser kepada detikTravel, di Gedung Science Centre, Senin (27/11) kemarin.
Dadang juga mengungkapkan, di dalam ruangan itu pengunjung bisa berfoto ria. Nantinya setelah keluar dari ruangan, pengunjung langsung mendapat selembar foto ukuran A4.
"Fotonya 3D, foto dengan ikan dan hewan lainnya. Itu teknologi yang harus diketahui anak-anak," ungkap Dadang.
Pustaka digital di Gedung Science Centre (Wisma Putra/detikTravel)Pustaka digital di Gedung Science Centre (Wisma Putra/detikTravel)

Dengan tampilan 3D itu, para pengunjung juga dapat berinteraksi dengan hewan yang muncul seperti b isa melihat kibasan ekor ikan paus yang muncul ke permukaan, berinteraksi dengan penguin, beruang kutub dan hewan lainnya.
Selain menyerupai Kutub Selatan, ruangan itu juga dapat diubah menjadi tampilan lainnya seperti di luar angkasa. Dan pengunjungnya bisa menjelajahi tata surya dengan melihat planet-planet yang ada di luar angkasa. Saat ini pengelola masih menyempurnakan grafis 3D di ruangan tersebut agar lebih menyerupai tampilan aslinya.
Salah satu pengunjung Cepi Kurnia (16) mengatakan, dia baru pertama kali masuk ke ruangan itu. Cepi merasa senang dapat masuk, karena menurutnya melalui ruangan tersebut ia dapat menambah ilmu pengetahuan terutama ilmu tentang teknologi 3D.
Gedung Science Centre di Kabupaten BandungGedung Science Centre di Kabupaten Bandung (Wisma Putra/detikTravel)

&qu ot;Pas masuk ke ruangan itu kita seperti nyata sedang berada di padang salju yang berdekatan dengan laut es, apalagi setelah muncul hewan-hewan yang biasa hidup di salju, semua yang saya lihat di dalam ruangan itu seperti nyata," ujarnya.
Selain memiliki ruangan Augmented Reality, di gedung ini juga terdapat museum mini yang menampilkan sejarah Kabupaten Bandung dan keragaman Suku Sunda. Mulai dari pakaian, alat musik, senjata, dan lainnya. Di lantai dua ada Bookless Library System, Lab Bahasa, dan di lantai tiga ada ruangan 4D Cinema dan ilmu tata surya.
Kehadiran Bookless Library System atau perpustakaan digital kini menjadi magnet baru bagi warga Kabupaten Bandung. Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Bandung Tri Heru Setiati mengatakan perpustakaan digital atau perpustakaan tanpa buku bisa dinikmati menggunakan aplikasi digital, yang ada di smartphone.
(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)
Tri mengungkapkan di perpustakaan digital yang berada di Puser Elmu atau sebutan Gedung Science Center itu memiliki koleksi buku sebanyak 3.000 buku.
"Karena saat ini merupakan era digital, masyarakat dan pelajar dimudahkan dalam mengkonsumsi buku bacaan hanya dengan memanfaatkan smartphone," ungkapnya.
Bagi para pengunjung yang ingin membaca buku digital di Puser Elmu dapat nengunduh aplikasi ELFAN Bookless library System di app store. Buka aplikasi itu dan arahkan kamera smartphone ke barcode buku yang ada di gambar dan terpampang di tembok Puser Elmu lantai dua, maka buku tersebut sudah dapat dibaca.
(Wisma Putra/detikTravel)Belum resmi dibuka, namun sudah ada pengunjung (Wisma Putra/detikTrave l)
"Harapan kami dengan adanya perpustakaan digital ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan meningkatkan budaya literasi di Kabupaten Bandung," harapnya.
Meski gedung ini belum resmi dibuka, warga Kabupaten Bandung sudah dapat menikmatinya. Kini Pemkab Bandung mengajak pihak ketiga atau swasta untuk mengelola gedung tersebut untuk dijadikan sebagai sarana komersil.
(sym/fay) BERITA TERKAIT
  • Mata Air Campaka yang Penuh Mitos & Tak Pernah Surut
  • Yang Segar & Tersembunyi di Gunung Kasur: Mata Air Campaka
  • Mengunjungi Mata Air Berkhasiat di Kabupaten Bandung
  • Habis Lihat Resepsi Kahiyang di Medan, Mampir ke 5 Tempat Keren Ini
  • 5 Tempat Wisata di Sekitar Lokasi Resepsi Kahiyang di Medan
  • Ternyata, Terapi 'Sauna' Leuhang Sudah Ada Sejak Zaman Baheula
  • Yang Segar di Bandung, Menjajal Sauna Tradisional Khas Sunda
  • Yakin Menjadikan yang Kedua Destinasi dari Bandung Ini?
NEWS FEED FotoTravel
Foto: Liburan Ala Meghan Markle, Tunangannya Pangeran Harry

Foto: Liburan Ala Meghan Markle, Tunangannya Pangeran Harry

Selasa, 28 Nov 2017 23:55 WIB

Nama artis Amerika Meghan Markle mendadak tenar setelah dilamar oleh Pangeran Harry. Di sela kesibukannya, Meghan juga gemar traveling seperti orang kebanyakan.

FotoTravel
Foto: Inilah Ring Tinju Tertinggi di Dunia

Foto: Inilah Ring Tinju Tertinggi di Dunia

Selasa, 28 Nov 2017 23:45 WIB

Inilah yang baru dari Dubai, ring tinju tertinggi sedunia. Ring tinju yang berada di ketinggian 300-an meter dan sudah dicoba oleh petinju Anthony Joshua.

FotoTravel
Foto: Percaya Nggak Ini di Hong Kong?

Foto: Percaya Nggak Ini di Hong Kong?

Selasa, 28 Nov 2017 23:30 WIB

Hong Kong mungkin terkenal sebagai kota modern dan kosmopolitan. Di balik itu semua masih ada wisata alam yang wajib traveler ketahui.

detikTravel
Mengunjungi Kawah Neraka Jepang

Mengunjungi 'Kawah Neraka' Jepang

Selasa, 28 Nov 2017 22:58 WIB

Owakudani merupakan suatu lembah di Kanagawa, Jepang. Lembah yang dijuluki kawah neraka karena tumpukan belerang panas dan bau menyengat. Coba lihat deh !

FotoTravel
Foto: Pulau Cantik yang Jadi Wallpaper Legendaris Microsoft

Foto: Pulau Cantik yang Jadi Wallpaper Legendaris Microsoft

Selasa, 28 Nov 2017 22:45 WIB

Bagi traveler dulunya pengguna software Microsoft, mungkin pernah melihat wallpaper pulau indah ini. Ternyata pulau itu sungguhan ada, inilah tempatnya.

International Destination
Penginapan Unik, Bentuknya Piramida Terbalik

Penginapan Unik, Bentuknya Piramida Terbalik

Selasa, 28 Nov 2017 22:25 WIB

Ada banyak ragam penginapan unik d i masa depan nanti. Salah satunya berbentuk piramida terbalik yang dibangun di tengah pegunungan ini.

Travel News
Cara Mudah Dapat Hotel Gratis di Taman Rekreasi Disney

Cara Mudah Dapat Hotel Gratis di Taman Rekreasi Disney

Selasa, 28 Nov 2017 21:15 WIB

Taman rekreasi Disney identik dengan tempat berlibur yang menyenangkan. Masih banyak yang belum tahu kalau para staff bisa upgrade hotel kamu, gratis!

Travel News
Bandara Ngurah Rai Ditutup, Turis Bule Ini Pasrah

Bandara Ngurah Rai Ditutup, Turis Bule Ini Pasrah

Selasa, 28 Nov 2017 19:50 WIB

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali masih ditutup seiring dengan erupsi Gunung Agung. Turis yang batal terbang pun mengaku pasrah menanti bandara dibuka kembali.

International Destination
Sosok Manusia Raksasa di Inggris yang Dianggap Keramat

Sosok 'Manusia Raksasa' di Inggris yang Dianggap Keramat

Selasa, 28 Nov 2017 19:30 WIB

Serupa dengan Nazca Lines di Peru, Inggris juga punya garis misterius berbentuk manusia raksasa di bukit. Sosoknya pun kerap dianggap keramat.

Travel News
Kasihan, Bayi Monyet di Thailand Mati Gara-   gara Overdosis Kafein

Kasihan, Bayi Monyet di Thailand Mati Gara-gara Overdosis Kafein

Selasa, 28 Nov 2017 19:10 WIB

Monyet nakal yang suka mencuri memang menyebalkan. Sial bagi bayi monyet di Thailand ini, ia mati overdosis kafein setelah minum kopi yang dicurinya.

Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Bandung

Tidak ada komentar