Ini Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Cirebon - Warta 24 Jawa Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Ini Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Cirebon

Ini Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Cirebon

Jumat 24 November 2017, 16:59 WIB Ini Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Cirebon Sudirman Wamad - detikNews Jejak dakwah Sunan Kalijaga/Foto: Sudirman Wamad …

Ini Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Cirebon

Jumat 24 November 2017, 16:59 WIB Ini Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Cirebon Sudirman Wamad - detikNews Ini Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di CirebonJejak dakwah Sunan Kalijaga/Foto: Sudirman Wamad Bandung - Cirebon menjadi salah satu daerah dari sekian daerah yang disinggahi Sunan Kalijaga saat menyebarkan agama Islam. Peninggalannya pun kini menjadi situs dan cagar budaya Pemerintah Kota Cirebon.
Lokasinya berada di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. Tak jauh dari Terminal Harjamukti Kota Cirebon, namanya situs Taman Kera dan Petilasan Sunan Kalijaga. Bak raja yang disambut para prajurit saat berkunjung ke situs tersebut. < br/>
Ini Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di CirebonFoto: Sudirman Wamad

Sejumlah kera jenis ekor panjang menyambut dengan tingkah uniknya. Ada yang bergelantungan, menanti dikasih makan, mencari kutu dan lainnya. Pasalnya, sebelum menuju situs, pengunjung bakal melewati taman kera terlebih dahulu.
Selain para kera, bangunan dengan ukuran sekitar 2x2 meter yang merupakan Sumur Wasiat Sunan Kaljaga menyambut para pengunjung atau peziarah yang datang sebelum masuk ke petilasan Sunan Kalijaga.
Juru Kunci Taman Kera dan Petilasan Sunan Kalijaga, Raden Edi menceritakan Petilasan Sunan Kalijaga merupakan bukti bahwa tanah Cirebon sempat disinggahi. Menurut buku sejarah atau babad yang ada pada dirinya, Sunan Kalijaga sebelumnya menyebarkan agama Islam di Demak terlebih dahulu sebelum datang ke Cirebon.
"Beliau lama berdakwah di Cirebon. Puluhan tahun beliau berdakwah. Dalam babad yang saya pegang itu, sekitar 120 petilasan Sunan Kalijaga berada di sejumlah daerah," kata Raden Edi saat ditemui detikcom di Petilasan Sunan Kalijaga, Jumat (24/11/2017).
ejumlah kera jenis ekor panjang menyambut dengan tingkah uniknya.ejumlah kera jenis ekor panjang menyambut dengan tingkah uniknya. Foto: Sudirman Wamad

Edi mengatakan situs tersebut sudah ada sekitar abad 17-an. Petilasan Sunan Kalijaga, sambung Edi, merupakan tempat tinggal dan persitirahatan Sunan Kalijaga saat berdakwah di Cirebon. Petilasan itu berisi tempat tidur lengkap dengan kelambu.
"Tapi, mohon maaf, petilasannya tidak bisa kita buka untuk umum. Banyak peziarah yang datang dari berbagai daerah. Bisa lebih dari lima bus ka lau hari libur," katanya.
Ini Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di CirebonFoto: Sudirman Wamad

Lebih lanjut Edi mengatakan, pihak pengelola situs tak pernah menarik target pembayaran kepada para pengunjung atau peziarah. Kotak amal bertuliskan seikhlasnya disediakan pengelola situs saat masuk di petilasan. "Yang masih asli di petilasan ini pintu-pintunya. Kalau lainnya sudah kita renovasi, sempat ambruk dulu," ucapnya.
Edi menambahkan, Sunan Kalijaga merupakan salah satu dari sembilan Wali Songo. Sunan Kalijaga memiliki peran besar dalam penyebaran agama Islam di Jawa.
(avi/avi)Sumber: Google News | Warta 24 Cirebon

Tidak ada komentar