Pemkot Sukabumi Dorong Ekonomi Kreatif yang Awalnya Hobi - Warta 24 Jawa Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Pemkot Sukabumi Dorong Ekonomi Kreatif yang Awalnya Hobi

Pemkot Sukabumi Dorong Ekonomi Kreatif yang Awalnya Hobi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkot Sukabumi mendorong perkembangan ekonomi kreatif yang awalnya merupakan hobi masyarakat. Pasalnya, ekonomi kreatif ini ke depan bisa menja…

Pemkot Sukabumi Dorong Ekonomi Kreatif yang Awalnya Hobi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkot Sukabumi mendorong perkembangan ekonomi kreatif yang awalnya merupakan hobi masyarakat. Pasalnya, ekonomi kreatif ini ke depan bisa menjadi unggulan daerah.
"Dari awalnya hobi bisa meningkat menjadi ekonomi kreatif," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan di Taman Nobar, Kota Sukabumi, Ahad (26/11). Hal ini disampaikan selepas menghadiri acara ulang tahun Komunitas Fotografi Ponsel Sukabumi (Kofiponsmi).
Dicontohkan Fahmi, bagi sebagian orang berswafoto atau selfi sudah menjadi hobi. Namun kata dia saat ini dengan keahlian yang dimiliki hobi ini bisa menjadi ekonomi atau industri kreatif yang menghasilkan peluang bisnis.
Terlebih ungkap Fahmi, para pelaku dalam komunitas foto ponsel ini juga bisa memperlihatkan hasil karya yang luar biasa dan penuh kreativitas. Di mana lanjut dia hasil fotonya tidak kalah dengan fotografe r profesional.
Karena itu kata Fahmi, pemkot mendorong keberadaan komunitas hobi ini bisa meningkat menjadi pelaku ekonomi kreatif yang menjadi unggulan daerah. Harapannya kata dia ekonomi kreatif bisa menjadi salah satu unggulan daerah dan menjadi ciri khas Kota Sukabumi.,
Ketua Kofiponsmi, Mochammad Ferdiansyah mengatakan, komunitas ini hadir karena banyak orang yang gemar memotret dengan menggunakan kamera ponsel. "Kami mendirikan wadah bagi komunitas pada 20 Nopember 2013 lalu," imbuh dia.
Dalam komunitas ini ungkap Ferdiansyah, para anggota bisa bertukar pengetahuan dan pengalaman serta belajar bersama. Terutama kata dia dalam peningkatan teknik pengambilan gambar dengan menggunakan kamer ponsel.
Contohnya, ujar Ferdiansyah, para anggota komunitas belajar memotret dengan single lens sampai ditambah aksesoris lensa untuk memotret properti atau objek kecil. Sehingga sambung dia keterampilan anggota bisa mengalami peningkatan dibandingkan sebelu mnya.
Selain untuk menyalurkan hobi kata Ferdiansyah, ada sebagian anggota komunitas yang menjadikan hobinya sebagai usaha yang menghasilkan uang. Misalnya melakukan foto pre-wedding dan kegiatan lainnya.
Ferdiansyah menuturkan, dalam berbagai ajang perlombaan fotografi anggota komunitasnya juga berhasil meraih prestasi yang tidak kalah dengan yang lainnya. Saat ini kata dia anggota komunitas Kofinponsmi mencapai ribuan orang yang tersebar tidak hanya di Sukabumi melainkan di berbagai daerah lainnya.
Dalam ajang ulangtahun komunitas yang ke lima tahun ini ungkap Ferdiansyah, Kofiponsmi mencoba menampilkan hasil karya para anggota di Taman Nobar. Hasil foto ini, kata dia menerangkan, tidak kalah kualitasnya dengan hasil jepretan kamera DSLR.

Sumber: Google News | Warta 24 Sukabumi

Tidak ada komentar