Walikota Cimahi Janjikan Gedung Kesenian - Warta 24 Jawa Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Walikota Cimahi Janjikan Gedung Kesenian

Walikota Cimahi Janjikan Gedung Kesenian

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Permintaan Dewan Seni Budaya (DSB) Cimahi untuk memiliki gedung representatif untuk kesenian di Kota Cimahi akan diupayakan pemerintah setempat.Walikota Cimahi Aja…

Walikota Cimahi Janjikan Gedung Kesenian

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Permintaan Dewan Seni Budaya (DSB) Cimahi untuk memiliki gedung representatif untuk kesenian di Kota Cimahi akan diupayakan pemerintah setempat.

Walikota Cimahi Ajay M. Priatna berjanji akan menyediakan gedung tersebut. Pihaknya akan meminta Pemprov Jabar untuk memberikan bangunan Bioskop Rio yang berlokasi di Jalan Rio agar dapat dikelola menjadi gedung kesenian dan budaya bagi DSB Cimahi.

“Kami melalui dinas terkait meminta ke provinsi terkait Bioskop Rio. Bagaimana caranya dihibah atau lainnya jadi dimiliki Cimahi dan akan diurus menjadi gedung kesenian,” ujar Ajay, saat menghadiri workshop seni budaya bertajuk “Indahnya Lembur Cimahi Jilid 2” di Alam Wisata Cimahi (AWC) Jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi.

Menurut Ajay, potensi seni budaya Cimahi sangat banyak. Diakuinya pula, saat ini untuk mewadahi seni budaya di Cimahi fasilitasnya bel um ada. “Kalau dari Pemprov susah, ya nanti ada APBD kita buat sendiri,” tuturnya.

Ajay menilai, gedung kesenian harus multifungsi, bisa dipakai bermusik, menari serta seni kreatif lainnya. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai tempat diskusi. “Ini jadi cita-cita selama kepemimpinan saya sampai tahun 2022,” ucapnya.

Konsep Cimahi Berbudaya, lanjut Ajay, diharapkan bisa diimplementasikan dalam artian pemerintah memberi fasilitas yang menunjang kreativitas seni budaya agar jadi aset daerah maupun nasional.

“Harus diperbanyak kegiatan mengapresiasi seni budaya tradisi sehingga generasi muda kembali mencintai budaya sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum DSB Kota Cimahi Iwan Setiawan, berharap Walikota Cimahi dapat mewujudkan pengadaan gedung kesenian yang selama ini diinginkan para seniman di Cimahi.

“Kepemimpinan walikota sebelumnya juga mewacanakan hal itu. Dengan walikota baru mudah-mudahan ada perhatian lebih untuk seni buda ya dan mewujudkan gedung kesenian tersebut,” ujarnya.

Menurut Iwan, seni budaya di Kota Cimahi unik dan memiliki gairah. Tapi, Karena tidak ada gedung representatif sehingga, pelaku seni budaya banyak yang memilih pindah ke luar daerah terutama Bandung dan Jakarta.

“Kegiatan seni budaya harus dilakukan rutin agar masyarakat lebih kenal hasil karya seni budaya yang ada di Kota Cimahi dan mencintai seni budaya yang ada sebagai jatidiri daerah,” pungkasnya.

(gat)

Sumber: Google News | Warta 24 Cimahi

Tidak ada komentar